• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Peringati Hari Anak Sedunia, Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru mengajak Pelajar Mengenal Alam

Peringati Hari Anak Sedunia, Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru mengajak Pelajar Mengenal Alam

Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia, Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru berkolaborasi dengan JICS menggelar kegiatan belajar mengajar di alam terbuka bersama pelajar SDN Ngadas dan Jarak Ijo, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, 7 Nopember 2019.

Kegiatan belajar mengajar di alam terbuka tersebut diselenggarakan di RPTN (Resort Pengelolaan Taman Nasional) Ranupani, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)  yang diikuti  sebanyak 150 orang pelajar.

Kegiatan diawali dengan pemberian materi pengenalan jenis flora fauna dan fungsi kawasan hutan TNBTS di Visitor Center Ranupani, pemberian materi ini disampaikan oleh petugas RPTN Ranupani. 

Kemudian adik-adik pelajar itu diajak mengelilingi Danau Ranu Pani dan Regulo  sambil disampaikan informasi terkait  fungsi dan manfaat danau bagi keseimbangan ekosistem dan kehidupan.

Selain itu juga, diperkenalkan tentang jenis-jenis tanaman obat dan manfaatnya yang ada di sepanjang jalan danau Ranupani - Regulo. Kegiatan diakhiri dengan aksi bersih sampah di Danau Ranu Regulo dan sekitarnya.

Singgih Rudi Setiyanto selaku Kepala Seksi PTN Wil. III Senduro mengungkapkan bahwa “Kegiatan belajar mengajar di alam ini bertujuan untuk mengajak dan memperkenalkan anak-anak sejak dini  tentang keanekaragaman hayati, potensi wisata dan  fungsi kawasan hutan yang ada di TNBTS dan diharapkan kegiatan ini dapat membangkitkan rasa kepedulian  anak-anak terhadap kelestarian kawasan hutan, flora dan fauna beserta ekosistem di kawasan TNBTS” ungkapnya demikian.