• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Kijang Terluka Akibat Gigitan Anjing Liar, Melarikan Diri ke Rumah Warga

Kijang Terluka Akibat Gigitan Anjing Liar, Melarikan Diri ke Rumah Warga

Telah ditemukan seekor kijang (Muntiacus muntjak) dalam keadaan terluka di salah satu rumah warga di Desa Wonorejo, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, 11 Desember 2019.

Berawal dari laporan salah seorang warga Desa Wonorejo ke petugas Resort Malang, BBKSDA Jawa Timur menginformasikan bahwa terdapat seekor kijang terluka memasuki rumah warga. 

Kemudian petugas BBKSDA Jatim berkoordinasi dengan petugas TNBTS untuk dapat meninjau lokasi tersebut bersama-sama, dikarenakan lokasi tersebut merupakan salahsatu desa penyangga TNBTS. 

Kemudian petugas TNBTS beserta petugas BBKSDA Jatim pergi bersama untuk meninjau lokasi tersebut, dan didapati seekor kijang yang diduga berkelamin betina remaja, terkapar dalam keadaan terluka, dan diduga lukanya itu diakibatkan gigitan anjing liar. 

Menurut informasi warga sekitar, kijang tersebut sering terlihat mencari makan di perkebunan warga, dan petugas masih menyelidiki apakah kijang itu peliharaan salah seorang warga atau kijang dari kawasan hutan. 

Sementara ini, kijang terluka yang berada di rumah warga dievakuasi ke kantor SPTN II Tumpang - TNBTS untuk diberikan pertolongan pertama dan selanjutnya akan dibawa ke Surabaya untuk dikarantina. 

Semoga kijang yang terluka ini dapat segera pulih dan dapat dilepasliarkan kembali ke habitnya. (Siti Maya/PEH TN BTS).