• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Pelatihan Komunikasi Publik bagi Masyarakat dan Petugas

Pelatihan Komunikasi Publik bagi Masyarakat dan Petugas

BB TNBTS menggelar Pelatihan Komunikasi Publik bagi Masyarakat dan Petugas yang diikuti oleh petugas dan mitra-mitra kerja dari sekitar TN BTS. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 28 Oktober 2021, diikuti sebanyak 40 orang peserta, bertempat di Shanaya Hotel and Resort, Perum GPA, Ngijo, Kec. Karang Ploso, Malang, Jawa Timur.

Kesempatan pertama, Plt Kepala Balai Besar TNBTS, Ibu Novita Kusuma Wardhani, S.Hut, M.AP, M.Env, dalam sambutan sekaligus pembukaan beliau mengatakan ” Sudah sekian lama sejak pandemi  Covid 19, kegiatan dilakukan secara daring di dunia maya. Terima kasih atas kehadiran teman-teman dan mitra kerja TNBTS yang ikut serta dalam kegiatan pelatihan ini. Bahwasannya , kami selaku instansi menyadari mempunyai kemampuan komunikasi dengan publik itu kaku dan sesuai aturan. Khalayak umum mungkin mengetahuinya kawasan TNBTS itu sebagai tempat wisata saja. Padahal didalamnya terdapat potensi keanekaragaman yang sangat tinggi, karena kurangnya komunikasi hal tersebut tidak tereksplore. Diharapkan ,setelah mengikuti  kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas  petugas dan mitra mitra kerja TNBTS dalam berkomunikasi dengan baik” ungkapnya demikian.

Pelatihan ini, menghadirkan narasumber-narasumber yang sangat luar biasa dan berkompeten dibidangnya. Sesi pertama menghadirkan Himawan Susanto, M.Si, Kepala Prodi Fakultas Ilmu Komunikasi UMM, paparannya bertema “Komunikasi Publik dalam mendukung Good Governance Pengelolaan Kawasan Konservasi”. Kemudian Eko Sumawinata, Manager Digital Marketing PT. Fontis Aquam Vivam menyampaikan paparan “Success Story Digital Marketing”. Pada sesi pertama ini dimoderatori oleh Hilda Daningtyas, Jurnalis Kompas TV Malang. Komunikasi yang komunikatif dua arah ini, menjadikan diskusi tidak terasa dan terlewati begitu saja.

Kemudian, sesi ke dua menghadirkan Titik Kartiani, Kontributor National Geograpic Indonesia dan Redaktur Berita Jatim, menyampaikan materi “ Teknik Penulisan Berita untuk Komunikasi Masyarakat Sekitar Kawasan TNBTS”. Dilanjutkan, Atika C. Larasati, Creative Direktor Hasta Creative Space PT. Hasta Mediatama dengan materi “ Tips dan Trik Kontens Kreatif ; Mengubah Kata dan Peristiwa menjadi bermakna”, tak kalah serunya dengan sesi pertama, diskusi ini dimoderatori oleh Andi Iskandar Zulkarnaen, Field Manager JICS.

Kegiatan diakhiri dengan praktek, praktek ini menggali potensi peserta untuk menerapkan materi yang sudah disampaikan. Sehingga nantinya dapat diasah dan dikembangkan lagi dalam penyampaian komunikasi ke publik.