• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Turis Asal Jerman menjadi pendaki pertama Pembukaan Pendakian TNBTS 2019

Turis Asal Jerman menjadi pendaki pertama Pembukaan Pendakian TNBTS 2019

Noistasya Poersdio dari Jerman beserta 3 orang rekannya menjadi pendaki pertama pada pembukaan Pendakian Semeru Taman Nasional Bromo Tengger Semeru 2019 ini. Terpancar rasa bahagia dan bangga diwajah pendaki asal jerman yang berusia 22 tahun ini. "Ini kali pertama pendaki asal Jerman tersebut mengikuti upacara adat sebelum mendaki" ujarnya.  

Pembukaan pendakian dilaksanakan tanggal 12 mei 2019 yang diawali dengan upacara adat Tengger Ranu Pani yang dilimpin oleh Bambang Sujoko (Dukun Tengger Ranu Pani) yang bertujuan meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selama pendakian di buka selalu di lindungi dari marabahaya dan selalu ada dalam keselamatan serta memberikan kesejahteraan untuk masyarakat Ranu Pani.

Pada tahun 2019 ini pendakian semeru tetap memberlakukan kuota 600 orang perhari dan menggunakan sistem booking online yang ditahun 2019 ini sudah menggunakan sistem "virtual akun" sehingga lebih memudahkan pendaki dalam booking pendakian ke Semeru.  Meski diminati 25 pendaki, pembukaan pendakian semeru ini menjadi momen yang ditunggu oleh pecinta pendakian khususnya Semeru. Dengan moto zero waste dan zero accident semoga pendakian semeru dapat dijadikan contoh bagi pengelola pendakian lainnya di Indonesia. "Pendaki sejati berani jaga ekosistem TNBTS Tetap Lestari".