• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Jelang Wulan Kepitu, Petugas TNBTS Siap Siaga Pengamanan

Jelang Wulan Kepitu, Petugas TNBTS Siap Siaga Pengamanan

Menjelang Wulan Kepitu tepat tengah malam jam 00.00 WIB, petugas BB TN Bromo Tengger Semeru siap siaga untuk pengamanan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor di tiap-tiap pintu masuk, 24 Januari 2020.

Wulan Kepitu merupakan bulan ketujuh dalam kalender Suku Tengger, dimana Wulan Kepitu ini  dianggap oleh sesepuh/ tokoh Suku Tengger sebagai bulan yang disucikan. Pada bulan ini, selama satu bulan para sesepuh Tengger melakukan ‘laku puasa mutih yang bertujuan untuk menahan perilaku atau sifat ke duniawian dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Kuasa. Untuk menghormati Wulan Kepitu ini, maka aktiviatas di Kawasan Kaldera Tengger ( Laut Pasir, Bromo, Savana dan sekitarnya) tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor (Car Free Month).

Wulan Kepitu yang berlaku mulai tanggal 24 Januari – 24 Februari 2020, petugas BB TN Bromo Tengger Semeru telah membuat jadwal piket untuk  pengamanan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor  yang masuk ke kawasan Kaldera Tengger / Bromo dan sekitarnya.

Pengamanan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor diberlakukan di 3 (tiga) pintu masuk TNBTS diantaranya pintu masuk Coban Trisula Kabupaten Malang dan pintu masuk  Senduro Kabupaten Lumajang, Pintu Tengger Laut Pasir (Cemorolawang) Kabupaten Probolinggo, dan Pintu Masuk G.Penanjakan (Pakis Bincil) Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, petugas memasang banner-banner informasi terkait Wulan kepitu ditempat-tempat yang strategis yang mudah dibaca oleh pengunjung maupun jasa angkutan jeep.

Kepala  Seksi PTN Wilayah II (Tatag Hari Rudhata,S.H) mengatakan “ Pemantauan perdana pelaksanaan car free mont di pintu masuk Resort Coban Trisula, untuk saat ini masih sepi pengunjung, kekuatan 14 personil yang terdiri dari petugas, mitra dan volunteer” ungkapnya demikian. (Siti Maya,A.Md/ PEH BB TNBTS)