• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › SIARAN PERS KEBAKARAN HUTAN DI KAWASAN TN BTS

SIARAN PERS KEBAKARAN HUTAN DI KAWASAN TN BTS

Berdasarkan pemantauan Sistem Pengawasan Kebakaran Hutan dan Lahan pada 18 Agustus 2023 terpantau beberapa titik api di kawasan TNBTS di blok Oro-Oro Ombo di bawah puncak Gunung Semeru, yang masuk dalam Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Wilayah Ranupani Kabupaten Lumajang.

Petugas gabungan berhasil memadamkan sebagian titik api dalam kebakaran hutan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Saat ini terpantau hanya tinggal satu titik api saja," kata Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani.

"Petugas TNBTS melakukan pemantauan dan pengecekan langsung di lapangan dan ditemukan kebakaran di areal tersebut dengan vegetasi yang terbakar berupa alang-alang, semak, serasah, dan sebagian pohon cemara gunung," katanya.

Ia mengatakan petugas TNBTS dibantu komunitas Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Ranupani, Desa Ngadas, dan Desa Argosari, TNI dan Polri, telah berada di lokasi untuk melakukan pemadaman api di kawasan hutan TNBTS tersebut.

"Penyebab kebakaran dan luas area terbakar masih dalam proses identifikasi. Kami mengimbau semua pihak untuk berhati-hati dan tidak membuat api di sekitar kawasan TNBTS karena saat ini kondisi cuaca sangat kering dampak musim kemarau," Pungkasnya.