• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Pelatihan Pemadaman Karhutla di TN BTS

Pelatihan Pemadaman Karhutla di TN BTS

BB TN BTS mengadakan kegiatan pelatihan kebakaran hutan dan lahan pada tanggal 26 – 27 Juni 2024 diikuti oleh  50 peserta yang terdiri dari BRIGDALKARHUT MAHAMERU Dan MPA BB TN BTS. 

Acara dibuka oleh Kepala Bidang PTN Wilayah I BB TN BTS, kemudian dilanjutkan dengan beberapa materi dan diakhiri dengan giat praktik penanganan pemadaman di Mentigen, Kab. Probolinggo. 

 

Sesi 1, 26 Juni 2024 :

Materi pertama disampaikan oleh Polres Probolinggo yang menjelaskan tentang Penindakan dan Pengendalian Kebakaran Hutan pada Kawasan Konservasi TN BTS.

Materi kedua disampaikan oleh BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Timur mengenai monitoring dan prakiraan cuaca dalam antisipasi karhutla.

Sesi 2, 26 Juni 2024 :

Materi berikutnya disampaikan oleh KODIM 0820/PROBOLINGGO tentang Bantuan penanggulangan Bencana Alam.

Kemudian dilanjutkan dengan Pengenalan Jenis Tumbuhan Tahan Api Di TN BTS Dari BRIN.

Hari pertama diakhiri dengan materi mengenai Arah Kebijakan Dan Peraturan Perundangan Dalkarhutla yang dipaparkan oleh Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim.

Sesi 3, 27 Juni 2024:

Pada hari kedua kegiatan dipimpin langsung BALAI PPI Jabalnusra sekwil. II, Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim.

Diawali dengan pemberian materi mengenai monitoring, evaluasi, dan pelaporan pencegahan kebakaran hutan dan lahan dan diakhiri dengan pengenalan dan teknik penggunaan peralatan pemadaman kebakaran hutan.

Peserta kemudian melakukan kegiatan praktik dengan beberapa hal, yaitu Simulasi Monitoring Hotspot dan Groundcheck, Simulasi pengaturan regu pemadam, Siaga Alat, dan diakhiri dengan praktik pemadaman kebakaran hutan.

 

Diharapkan dengan pelatihan ini, para punggawa pengendali api di BB TN BTS lebih siap dalam mengantisipasi potensi karhutla dan lebih siap menghadapi musim kemarau pada tahun 2024 dan tahun-tahun berikutnya.

 

Salam Lestari.