• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Aksi Bersih Sampah dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Aksi Bersih Sampah dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 bertema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan” dimana tema tersebut dipilih sebagai pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh pemangku kepentingan dengan mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas. Hal tersebut relevan menghadapi triple planetary crisis yang sangat intens, yakni : krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam, dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah.

2.    Aksi bersih sampah bersama pengunjung dan komunitas dilaksanakan di View Point (Penanjakan, Bukit Kedaluh, Lemah Pasar/Bukit Cinta), sepanjang jalan Dingklik Penanjakan, Lembah Watangan/Savana, Watu Gede, area sekitar Pura Luhur Poten, Bunker dan Jemplang pada tanggal 8 - 9 Juni 2024.

3.    Diperkirakan jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak + 250 kg dengan didominasi oleh sampah anorganik seperti botol plastik, bungkus mie instan cup, sedotan, dan bungkus makanan ringan.

4.    Aksi ini melibatkan pengunjung, komunitas, paguyuban jip, kuda, ojek, dan PKL serta BB TN BTS berjumlah + 150 peserta.

5.    Aksi bersih sampah bertujuan untuk mengedukasi pengunjung dan pelaku jasa wisata agar turut berpartisipasi melestarikan kawasan konservasi dengan cara membawa pulang sampah masing-masing dan mengingatkan kepada para pelaku usaha jip untuk menyediakan tempat sampah atau trash bag di dalam kendaraan.

6.    Respon pengunjung wisata dalam mengikuti kampanye Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 di kawasan Bromo tampak antusias.