• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Penanaman Pohon Serentak di Provinsi Jawa Timur

Penanaman Pohon Serentak di Provinsi Jawa Timur

#Sahabatmentaritengger hari ini Rabu, 07 Februari 2023 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali melaksanakan rangkaian penanaman serentak Seluruh Indonesia untuk yang ketiga kalinya. Sebelumnya, kegiatan penanaman serentak seluruh Indonesia yang pertama dan kedua pada awal musim penghujan tahun 2024 dipimpin oleh Yth. Bapak Presiden RI dari Jakarta dan yang kedua dipimpin Yth. Bapak Wakil Presiden RI dari Banten.

Di Lingkup UPT Jawa Timur, penanaman kali ini dilaksanakan di bekas tambang andesit Dusun Nglayur, Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Sigit Reliantoro memimpin langsung penanaman pada hari ini.

Dalam sambutan Menteri LHK yang dibacakan oleh Dirjen PPKL, “Gerakan penanaman pohon menunjukkan urgensi pohon sebagai sentral bagi kehidupan di bumi. Pohon memiliki andil dalam pertumbuhan manusia dan seluruh mahluk hidup”. Lebih lanjut lagi, aksi penanaman pohon merupakan bentuk komitmen Indonesia dalam pengurangan risiko bencana dan pengendalian perubahan iklim. Sebagai upaya menjaga bumi dari pemanasan Global yang sudah menjadi ancaman nyata, dan perlu diantisipasi bersama. Kepedulian dan kecintaan bersama dalam menjaga dan merawat lingkungan bisa diwujudkan dengan aksi nyata menanam pohon.

Pada kesempatan kali ini juga dilakukan peresmian Agroforestri Sukerejo. Peresmian ini sebagai bentuk bahwa bekas galian tambang bukan masih memiliki nilai dan mampu memberikan manfaat untuk mendukung ekologi dan ekonomi masyarakat.

 

“Bangun Harmoni dengan Alam, Mulailah Menanam”

Salam Lestari