• Depan
  • › Kategori: Artikel
  • › Tarian Kawin Elang Jawa Di TN Bromo Tengger Semeru

Tarian Kawin Elang Jawa Di TN Bromo Tengger Semeru

Malang (18/4/2018). Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru  (TNBTS) lakukan monitoring satwa prioritas Elang Jawa (Nisaetus bartelsi ) di site monitoring BBTNBTS. Kegiatan monitoring kali ini dilakukan pada awal bulan Maret 2018. Kegiatan monitoring Elang Jawa itu sendiri sudah dilakukan sejak bulan Januari dan direncanakan dilakukan sampai dengan bulan Desember 2018.

Toni Artaka yang merupakan salah anggota tim monitoring Elang Jawa di site monitoring BBTNBS menuturkan “ Alhamdulillah berhasil kami temukan sarang yang aktif yang dihuni oleh sepasang elang jawa, ini merupakan penemuan perdana selama kegiatan monitoring yang dilakukan di site monitoring BBTNBTS”.

Di tempat terpisah Yohanes Cahyo melaporkan bahwa “ Luar biasa, akhirnya tim dapat mendokumentasi perilaku kawin (Display Talon) dimana mereka terbang bersama dan sesekali seperti "berkelahi" namun pada faktanya itu merupakan perilaku dari musim kawin.

Berdasarkan hasil Monitoring yang lakukan setiap tahun sejak tahun 2012, diperoleh data  populasi Elang Jawa (Nisaetus bartelsi ) pada site monitoring BBTNBTS adalah sebanyak 21 individu. Kegiatan monitoring serta pembinaan habitat Elang Jawa (Niasetus bartelsi) bertujuan untuk memastikan target peningkatan populasi 2% dari baseline data tahun 2012 berhasil.