• Depan
  • › Kategori: Artikel
  • › Masuk Kawasan Gunung Bromo Wajib Daftar Online, Calon Pengunjung Wajib Tahu Cara Registrasinya

Masuk Kawasan Gunung Bromo Wajib Daftar Online, Calon Pengunjung Wajib Tahu Cara Registrasinya

Berlibur ke Gunung Bromo menjadi salah satu pilihan destinasi wisata Jawa Timur favorit bagi banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Tingginya minat wisata ke kawasan konservasi tersebut tentu memiliki dampak baik seperti meningkatnya perekonomian masyarakat sekitar dari sektor pariwisata. Namun, dampak buruk juga dapat dihasilkan dikarenakan tingginya angka kunjungan berisiko terjadi kemacetan lalu lintas di dalam kawasan khususnya pada lokasi view point yang memiliki ruas jalan yang tidak terlalu lebar. Risiko lain yang ditimbulkan adalah rusaknya padang savana dikarenakan tingginya jumlah kendaraan yang melintas di jalur-jalur yang tidak semestinya untuk menghindari antrian.

Untuk menghindari hal-hal tersebut atau setidaknya meminimalisir resikonya, TN BTS sejak 1 Desember 2019 menerapkan kuota kunjungan harian sejumlah 2752 orang per hari dan mewajibkan pengunjung untuk memesan tiket masuk secara online dan tidak memberlakukan tiket secara offline atau pembelian on the spot. Hal ini diharapkan mampu mengatur lalu lintas wisata, kenyamanan pengunjung, dan untuk menjaga kelestarian alam di kawasan Gunung Bromo dan sekitarnya. Booking online untuk wisata ke Gunung Bromo hanya dapat dilakukan melalui situs resmi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Berikut langkah-langkah yang harus ditempuh untuk calon pengunjung memperoleh tiket masuk ke dalam kawasan Gunung Bromo dan sekitarnya

1. Kunjungi Situs Resmi:

Buka browser dan kunjungi situs resmi TN BTS di bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

2. Pilih Tanggal Kunjungan:

Pilih tanggal berangkat dtanggal pulang serta site kunjungan sesuai rencana perjalanan Anda.

3. Lengkapi Data:

Isi formulir booking dengan lengkap, termasuk data ketua kelompok, anggota, dan jenis kendaraan yang akan digunakan.

4. Konfirmasi Pendaftaran:

Setelah semua data lengkap pastikan sekali lagi bahwa data sudah terisi dengan benar. Setalah itu klik tombol 'Kirim' untuk menyelesaikan pemesanan.

5.     5.  Simpan Kode booking dan Virtual Account:

        Pastikan Virtual Account dan Kode Booking tersimpan untuk pembayaran dan pengecekan status pembayaran Anda.

6.     6.  Bayar Menggunakan Virtual Account (VA):

      Setelah melakukan pemesanan, Anda akan menerima nomor VA untuk pembayaran. Pastikan untuk menyelesaikan      pembayaran dalam waktu 2 jam agar kuota anda tidak hangus.

         7. Cek Status Pembayaran:

          Setelah pembayaran, kembali ke laman website booking online dan masukkan kode booking untuk memastikan pembayaran berhasil. Jika status pembayaran “Disetujui”, maka Anda akan memperoleh barcode. Scan barcode di  pintu masuk untuk ditukarkan dengan tiket masuk.

          8. Catatan Penting:

     Setelah melakukan pembayaran, pengunjung tidak dapat melakukan:

a.             Reschedule / jadwal ulang.

b.             Refund / pengembalian pembayaran.

Dengan adanya sistem booking online di kawasan Bromo, ada harapan besar bahwa ini akan membantu dalam mengelola jumlah wisatawan secara lebih efektif. Diharapkan pula mampu mereduksi dampak kerusakan lingkungan akibat over-tourism dan membantu menjaga kelestarian alam. Selain itu, sistem ini diharapkan mampu mengurangi antrian sehingga meningkatkan kenyamanan pengunjung tanpa perlu berdesakan dalam menikmati pemandangan yang diinginkan.