• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Tanam Edelweis Bersama Masyarakat BBTN Bromo Tengger Semeru Wujudkan Desa Edelweis

Tanam Edelweis Bersama Masyarakat BBTN Bromo Tengger Semeru Wujudkan Desa Edelweis

Malang, 21 September 2018. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) bersama kelompok tani Kembang Tanalayu Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kab. Probolinggo dan kelompok tani Hulun Hyang Desa Ngadisari Kecamatan Tosari Kab. Pasuruan melakukan penanaman ribuan bibit edelweis. Penanaman dilakukan di hamparan tanah bengkok Desa Ngadisari, Taman SDN Ngadisari, dan hamparan tanah Desa Wonokitri.

Jumlah bibit edelweis yang bibit yang ditanam sebanyak 5600 bibit untuk setiap Desa. Bibit ini merupakan hasil budidaya yang dilakukan oleh kelompok tani Kembang Tanalayu Ngadisari dan kelompok tani Hulun Hyang Wonokitri.

Kepala Balai Besar TN BTS "John Kenedie" dalam kegiatan itu mengatakan "penanaman ini dilakukan untuk mewujudkan wisata desa edelweis di Desa Ngadisari dan Wonokitri, nantinya hamparan edelweis yang ada akan dibangun tempat-tempat selfie bagi pengunjung", John Kenedie juga menambahkan " hamparan tersebut selain sebagai tempat wisata, akan dijadikan sebagai tempat budidaya edelweis oleh masyarakat Ngadisari dan Wonokitri".

Budidaya edelweis ini bertujuan untuk melestarikan bunga edelweis sehingga nantinya masyarakat tidak lagi mengambil edelweis dari TNBTS tetapi menggunakan bunga edelweis budidaya mereka untuk keperluan adat. Selain itu pengunjung TNBTS yang selama ini ingin selfie dengan tanaman edelweis tidak perlu bersusah payah naik ke kawasan TNBTS tetapi cukup datang di hamparan edelweis di Desa Ngadisari dan Wonokitri.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru