• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › FENOMENA EMBUN ES DI KAWASAN BROMO TENGGER SEMERU

FENOMENA EMBUN ES DI KAWASAN BROMO TENGGER SEMERU

Akhir-akhir ini muncul fenomena menarik di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yaitu munculnya embun es atau masyarakat local sering menyebutnya embun “Upas”.  Embun es ini muncul tiap tahun dikawasan TNBTS pada saat puncak kemarau dimana suhu dikawasan ini mencapai titik terendah 0º C atau bahkan dibawah  0º C”. Fenomena embun es muncul pertama kali dilaporkan di Ranu Pani pada hari minggu 29 Juli 2018. Kemudian di kawasan Laut Pasir dan sekitarnya embun es muncul sekitar tanggal 4 Agustus 2018. Untuk wilayah lainnnya di sekitar TNBTS belum dilaporkan adanya embun es,  hanya cuaca ekstrim (dingin) yang terjadi tidak seperti hari-hari biasanya.”


Berdasarkan release Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Juanda Surabaya yang menyebutkan bahwa di bulan Agustus 2018 seluruh wilayah Jawa timur memasuki musim kemarau yang terpengaruh oleh angin  muson timur yang membawa massa udara dari Benua Australia yang saat ini menghadapi musim dingin. Kondisi ini mengakibatkan cuaca di Jawa Timur bersifat panas dan kering pada siang hari dan  dingin pada malam hari yang oleh masyarakat sering disebut dengan istilah “Bediding”.

Mengantisipasi cuaca ekstrim tersebut TNBTS menghimbau agar para pengunjung yang akan bersisata ke Bromo atau semeru  untuk menghindari kedinginan bahkan hypothermia agar mepersiapkan diri  dengan baju hangat, Jaket, minuman atau makanan bahkan obat-obatan yang dibutuhkan pada saat  berkunjung ke TNBTS. Sementara untuk masyarakat local BBTNBTS juga menghimbau agar mempersiapkan diri  dengan  kebutuhan untuk menghilangkan atau meminimalisir dampak cuaca ekstrim. Khusus mengenai suplly air yang terganggu akibat saluran air yang membeku / menjadi es, BBTNBTS menghimbau agar masyarakat bijaksana menggunakan air menurut kebutuhan masing-masing sampai dengan cuaca ekstrim berakhir sehingga masyarakat dapat menggunakan air untuk kebutuhan sehari-hari seperti biasanya.