• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Perwakilan Bank Indonesia Cab. Malang mengadakan Kunjungan dan Dialog Terkait Rencana Pengembangan Desa Wisata Edelweis Wonokitri binaan TNBTS

Perwakilan Bank Indonesia Cab. Malang mengadakan Kunjungan dan Dialog Terkait Rencana Pengembangan Desa Wisata Edelweis Wonokitri binaan TNBTS

 

Sebanyak 7 orang Perwakilan Bank Indonesia Cabang Malang diterima langsung oleh Kepala Bidang PTN I Murdiyono, S.H yang didampingi 2 orang Staf BBTNBTS dan perwakilan Kelompok Tani Edelweiss "Hulun Hyang" binaan TNBTS dalam pengembangan Desa Wisata Edelweiss sekaligus operator pengelola Taman Edelweis Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. 

Kunjungan ini adalah penjajagan sekaligus menggali informasi mengenai keberadaan Taman Edelweiss dari mulai sejarah berdiri, proses dan progres pengembangan, status dan keberadaan kelompok, lokasi taman edelweiss, jumlah dan keaktifan keanggotaan, serta paket wisata yang sudah di berjalan. Pada kesempatan ini Kepala Bidang PTN I juga menyampaikan Sejarah  dan latar belakang terbentuknya Desa Edelweiss, tujuan pembentukan, proses pembentukan serta dukungan pembiayaan. 

Tujuan utama kunjungan ini sendiri adalah  memotret secara langsung kondisi  Taman Edelweis dan peluang dukungan BI Cabang Malang  dalam pengembangan Desa Wisata Edelweiss sebagai bagian dari destinasi wisata TN Bromo Tengger Semeru yang telah ditetapkan Pemerintah Sebagai 10 destinasi wisata Prioritas Nasional.   

Setelah dilakukan diskusi ,  kunjungan dilanjutkan dengan penelusuran (tracking) yang di mulai rumah penduduk (Bapak Warono) menuju Pura dan berakhir di Taman Edelweiss Wonokitri. Pada kesempatan diskusi lanjutan di Taman Edelweiss tim BI Cabang Malang memberikan masukan kepada kelompok diantaranya : disarankan agar dibuat taman edelweiss di halaman rumah-rumah  penduduk, paket inovasi kreativitas souvenir edelweiss dan atau jajanan khas wonokitri (dari proses pembuatan sampai dengan hasil akhir). Perlunya even tahunan yang berisi budaya tengger dan edelweiss. 

Inti terpenting dari kunjungan ini adalah adanya komitmen kuat BI Cabang Malang dalam pengembangan role model desa Edelweiss.  Semoga dukungan dan komitmen tersebut dapat terwujud dan berhasil.