• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Pembatasan Kunjungan Wisata Alam pada Wulan Kapitu 2023

Pembatasan Kunjungan Wisata Alam pada Wulan Kapitu 2023

Mendekati akhir tahun 2022 ini, Masyarakat Tengger melaksanakan Wulan Kapitu.

Wulan kapitu atau bulan ketujuh dalam kalender Masyarakat Tengger oleh sesepuh/tokoh masyarakat Tengger dianggap sebagai bulan yang disucikan. Pada bulan ini, selama satu bulan, para sesepuh Tengger melakukan “laku puasa mutih”, yang bertujuan untuk menahan perilaku atau sifat keduniawian dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan sang Maha Pencipta.

Kendaraan bermotor diberikan batasan-batasan dalam melintasi kawasan Gunung Bromo pada waktu-waktu tertentu. Pada Awal Wulan Kapitu kegiatan dilaksanakan pada Jum’at, 23 Desember 2022 pukul 18.00 WIB sampai dengan Sabtu, 24 Desember 2022 pukul 18.00 WIB. Sedangkan Akhir Wulan Kapitu, Sabtu, 21 Januari 2023 pukul 18.00 WIB sampai dengan Minggu, 22 Januari 2023 pukul 18.00 WIB.

Batasan kendaraan bermotor adalah dari arah Pasuruan maksimal di Pakis Bincil. Dari arah Probolinggo maksimal di Cemorolawang, dan dari arah Malang dan Lumajang maksimal di Jemplang.

Untuk berwisata di Bromo tetap diperkenankan dengan menggunakan kuda (wajib menggunakan kantong kotoran kuda), sepeda, tandu dan atau jalan kaki.

 

Bawa sampahmu kembali setelah berkunjung ke Bromo.

 

Salam Lestari.