• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Musyawarah Terbuka di Alam Terbuka bersama Plt Kababes TN BTS dan Kelompok Tani Konservasi

Musyawarah Terbuka di Alam Terbuka bersama Plt Kababes TN BTS dan Kelompok Tani Konservasi

Wajak (28/11/20). Plt Kababes  TN BTS meninjau kawasan kemitraan konservasi ke blok Njiret wilayah kerja RPTN Patokpicis, SPTN II Tumpang di Dusun Bopong, Desa Sumberputih, Kec. Wajak, Kab. Malang pada Sabtu tanggal 28 November 2020. Kegiatan tersebut didampingi oleh Plh.Kabid wilayah I, Kasie PTN Wilayah II, Karest Patokpicis dan staf, serta pejabat fungsional PEH dan Polhut lingkup SPTN II. 

Setelah meninjau lokasi kemitraan konservasi itu, dialam terbuka Bapak Agus Budi Santosa selaku Plt Kababes TN BTS memberikan pembinaan kepada kelompok Tani Bopong Lestari yang dihadiri seluruh anggota kelompok sejumlah 34 orang. Dalam obrolan santainya Bapak Plt Kababes mengungkapkan " Semua kemitraan konservasi kelompok tani yang ada di dalam kawasan TN BTS harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh TN BTS, 

Selain itu, beliau juga menambahkan jenis-jenis  tanaman apa saja yang bisa ditanam di dalam kawasan TN BTS, dan dalam kawasan kemitraan konservasi harus lebih banyak terdapat tegakan pohonnya serta beliau menekankan bahwa kawasan kemitraan konservasi tidak bisa diwariskan dan tidak bisa disertifikatkan, apalagi sampai dipindah tangankan, tambahnya demikian. 

Adapun tujuan dari Kemitraan konservasi ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa penyangga sekitar kawasan TN BTS, sehingga masyarakat sejahtera dan diharapkan peran serta aktif dalam menjaga kawasan hutan TN BTS supaya tetap lestari. Selain itu, diharapkan kelompok tani konservasi Bopong Lestari dapat menjadi role model untuk kemitraan zona tradisional yang ada di TN BTS. (Merbety Sitompul, S. Hut, Polhut BB TN BTS)