• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Menteri Bappenas Kunjungi Desa Edelwis Wonokitri

Menteri Bappenas Kunjungi Desa Edelwis Wonokitri

Pasuruan (16/4/2021). Menteri PPN/ Bappenas (Suharso Monoarfa) melakukan kunjungan kerja 16 April 2021 di Taman Edelweiss Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan yang diterima langsung oleh Plt Kepala Balai Besar TNBTS. Kunjungan  ke Taman Edelweiss ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Menteri PPN/Bappenas ke Jawa Timur dan ingin mendapatkan masukan/ diskusi strategi pengembangan dan pengelolaan Taman Edelweiss dalam rangka pemberdayaan masyarakat sekitar Bromo. 

Plt Kababes TNBTS 'Agus Budi Santosa' dalam sambutanya menyampaikan bahwa "Desa wisata Edelweiss Wonokitri (Taman Edelweis) yang merupakan salah satu contoh desa binaan TNBTS yang berhasil dalam program konservasi  tanaman dilindungi Khususnya Edelweiss diluar habitat TNBTS dan sudah menjadi ikon wisata alternatif favorit selain kunjungan wisata ke Bromo". 

Plt Kababes TNBTS juga menjelaskan beberapa  program strategis diantaranya : Rencana Pengembangan Jalan Lingkar Kaldera Tengger, Rencana Pembangunan jembatan kaca di Seruni Point kab Probolinggo dan Pusung Mubin Kab Malang  dengan dukungan pembiayaan kementerian PUPR, Potensi Sumber Air di TNBTS dalam mendukung pengembangan wisata dan masyarakat sekitar, progres program pemberdayaan masyarakat melalui kemitraan konservasi serta trend kunjungan TNBTS selama 5 tahun terakhir. 

Menteri PPN/ Bappenas mendapat penjelasan mengenai pentingnya edelweis bagi masyarakat (budaya Tengger), Teknik budidaya Edelweis, peran dan keterkaitan kelompok Hulun Hyang dengan BBTNBTS dari Ketua Kelompok Tani Edelweiss "Hulun Hyang" sdr. Teguh Wibowo.

Tanggapan dan response positif dari menteri PPN/ Bappenas atas paparan yang disampaikan oleh Plt Kepala Balai TNBTS, dengan harapan kinerja dan eksistensi kawasan konservasi seperti TNBTS dalam mendukung program pemerintah semakin nyata dan dirasakan oleh masyarakat luas. Pada akhir kunjungan, Menteri PPN/ Bappenas menanam edelweis sebagai simbol kepedulian konservasi edelweiss sekaligus bukti telah berjunjung ke Taman Edelweiss Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kab Pasuruan. (Red)