• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Memasuki Musim Kemarau, TNBTS Buat Sekat Bakar Untuk Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Memasuki Musim Kemarau, TNBTS Buat Sekat Bakar Untuk Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Malang (10/8/20). Petugas TN BTS membuat sekat bakar di Blok Watugede, RPTN  Coban Trisula, SPTN WIl II Tumpang, Kab.  Malang, Kamis 6 Agustus 2020. Pembuatan sekat bakar dibuat sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap bahayanya kebakaran hutan dan lahan di kawasan TN BTS. Dalam pembuatan sekat bakar tersebut, petugas dibantu oleh mitra TNBTS sebanyak 85 orang. Blok Watugede merupakan salah satu tempat rawan kebakaran hutan,dan setiap tahunnya bila musim kemarau tiba pasti terjadi kebakaran hutan ditempat tersebut. Aksesibilitas menuju tempat itu terjangkau dan mudah untuk dilalui sehingga dibuat sekat bakar.

Sekat bakar merupakan  kegiatan pembersihan lahan dengan memisahkan antara areal yang diperkirakan sebagai sumber datangnya api dengan areal yang harus diamankan dari kebakaran. Sekat bakar yang dibuat sepanjang 502 meter dengan lebar 7 meter, adapun alat yang digunakan dalam pembuatan sekat bakar menggunakan cangkul, sekop, golok, dan parang. 

Tertiasa Yuni Fatra selaku Fungsional Polhut dan komandan dalam kegiatan tersebut mengatakan "Dengan dibuatnya sekat bakar ini, apabila terjadi kebakaran hutan api dapat diisolasi dan dapat mengurangi luasan areal yang terbakar, dan lebih baiknya lagi semoga tidak terjadi kebakaran hutan, "ungkapnya demikian.

Sumber informasi : Tertiasa Yuni Fatra, S. H/ Polhut BB TNBTS

Penulis : Siti Maya, A. Md/Peh BB TNBTS