• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › KUNJUNGAN MENTERI BUMN KE DESA RANUPANI

KUNJUNGAN MENTERI BUMN KE DESA RANUPANI


Lumajang, 11 September 2019 bertempat di Desa Ranupani Kec. Senduro Kab. Lumajang. Pada hari tersebut Desa Ranupani mendapatkan kunjungan kehormatan Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Sesmen para Deputi didampingi Dirut BRI, Dirut BNI, Dirut PNM serta Bupati-Wabup & jajaran Forkompida Lumajang.

Adapun tujuan kedatangan rombongan tersebut adalah untuk pemberian CSR dari BUMN dibidang peduli lingkungan dan sarana umum kepada pemerintah Kab. Lumajang khususnya di Desa Ranupani dan berinteraksi langsung dengan ibu-ibu yg tergabung dalam kelompok usaha Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).
 
Kegiatan bantuan CSR BUMN khusus dibidang peduli lingkungan adalah dengan melakukan peninjauan revitalisasi danau ranu pani melalui pengerukan sedimentasi dan pelebaran bibir danau ranu pani, penanaman pohon cemara gunung di sekitar  kawasan gunung Semeru dan merevitalisasi rest area untuk pendakian.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Balai Besar TNBTS Ir. John Kenedie,MM  bersama dengan Bupati Lumajang memberikan beberapa penjelasan perihal danau ranupani diantaranya :
a. Nilai penting akan keberadaan ekosistem danau ranupani dan upaya-upaya yg telah dilakukan agar tetap terjaga konservasinya;
b. Keberadaan danau ranupani dan ranuregulo memberikan peluang untuk pengembangan ekowisata melalui perpaduan budaya tengger dengan wisata alam pendakian gunung Semeru ditambah dengan adanya atraksi pengawetan flora-fauna;
c. Penguatan ekowisata berkelanjutan melalui kolaborasi dari para pihak dengan tetap memperhatikan daya dukung kawasan.

Dalam sambutan Menteri BUMN dan Bupati-Wabup Lumajang memberikan apresiasi yang tinggi kpd TNBTS atas dedikadi dan perhatian terhadap konservasi dan kepedulian kepada masyarakat Desa Ranupani melalui pemberdayaan masyarakat. Dalam acara tersebut juga Menteri BUMN mengintruksikan langsung kepada Dirut BNI dan BRI utk mensupport penuh tindaklanjut kegiatan dengan perjanjian kerjasama antara TNBTS dan Pemkab Lumajang terutama terkait restorasi ekosistem danau ranupani dan pengembangan ekowisata berkelanjutan.