• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › WORKSHOP LINGKUNGAN HIDUP DAN PENANAMAN

WORKSHOP LINGKUNGAN HIDUP DAN PENANAMAN

Dalam rangka penguatan kelembagaan Desa Ranupani, pada tanggal 17 dan 18 Desember 2022 telah dilaksanakan kegiatan workshop lingkungan di Aula Balai Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Kegiatan yang di inisiasi oleh Gerakan  Konservasi Gimbal Alas Indonesia, dihadiri oleh TN BTS, Perangkat Desa Ranupani, Masyarakat Desa Ranupani, Komunitas Ikapala dan Simbiosa. Workshop lingkungan yang dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2022 ini bertujuan sebagai pelopor untuk perbaikan di semua lini kemasyarakatan dan pemerintahan desa sekaligus penyadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan berbasis lingkungan hidup. Dalam workshop kali ini Kepala Balai berkenan memberikan paparan terkait tantangan perbaikan  ekosistem enclave Ranupani dan pemulihan ekosistem Ranupani.

Pada hari kedua dilakukan penanaman bersama dan penghijauan di lokasi seluas 1,5 Ha yang diikuti 212 orang yang terdiri dari masyarakat Ranupani, Komunitas Simbiosis, Ikapala Tumpang, SIswa SD dan SMP Ranupani. Gerakan penanaman dan penghijauan ini berhasil menanam sekitar 1000 bibit tanaman jenis Nyampuh Krangean, Cemara Gunung, Putih Dada, Pasang, Tutup, Tunjung dan Pampung.

Harapan ke depannya agar kondisi Danau Ranupani yang indah dan menjadi maskot Desa Ranupanibisa kembali seperti semula dan Desa Ranupani juga tidak mengalami bencana ekologi. Pelibatan generasi muda Ranupani dalam gerakan penanaman dan penghijauan agar mereka diharapkan memiliki budaya senang menanam poho, merawat pohon dan melestarikan alam di sekitarnya agar alam tetap terjaga dan lestari......