• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Tanamkan Jiwa Konservasi TNBTS Ajak Siswa SDN Ngadisari II Bersih Sampah di Bromo

Tanamkan Jiwa Konservasi TNBTS Ajak Siswa SDN Ngadisari II Bersih Sampah di Bromo

Malang (21/6/2022). Terlihat pelajar MI Insan Kamil, Kab. Tumpang dan SDN Ngadisari 2, Kab. Probolinggo sedang melakukan kegiatan aksi bersih sampah di Kawasan TN Bromo Tengger Semeru, tepatnya di blok Watu Gede (Lembah Watangan/Teletubies), Lautan Pasir dan sekitarnya.  Diikuti sebanyak 175 pelajar Sekolah Dasar pada tanggal 20 Juni 2022.

Kegiatan ini merupakan rangkaian 'Road to HKAN' yang bertujuan mengenalkan kawasan konservasi  sejak dini kepada pelajar SD sekitar kawasan TNBTS; edukasi peduli sampah serta membangun pondasi generasi peduli kawasan konservasi dan mentalitas cinta konservasi.

Kegiatan aksi bersih sampah tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 122 kantong sampah yang terpilah menjadi sampah organik : sisa makanan / pembungkus makanan, dan sampah anorganik : botol plastik, bekas mie instans, kemasan snack, air mineral, botol kaca, sterofoam, dan masker.

Sebelum aksi bersih sampah, Tatag Rudhata, S.H dalam sambutannya mengatakan “TN BTS merupakan Kawasan Pelesatarian Alam yang salahsatu pemanfaatannya untuk berwisata. Diharapkan ade-ade bila berkunjung ke tempat wisata mana saja selain TNBTS dapat membuang sampah pada tempatnya, jadikan prilaku buang sampah menjadi disiplin diri untuk diterapkan. Hutan sebagai sumber penghasil oksigen, oleh karena itu hutan harus dijaga kelestariannya dan untuk generasi masa depan” katanya.

Para pelajar SD yang mengikuti kegiatan aksi bersih itu terlihat sangat antusias. Aksi nyata tersebut diharapkan bisa tertanam dimemori mereka bahwa kebersihan itu merupakan hal utama yang harus dijaga meskipun berada ditempat terbuka.

 

(Siti Maya/PEH TNBTS)