• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Pelatihan Herpetofauna di TN Bromo Tengger Semeru

Pelatihan Herpetofauna di TN Bromo Tengger Semeru

(25/08/2022) Petugas BBTNBTS dan Volunteer mengikuti Pelatihan Herpetofauna di RPTN Ranu Darungan, Kec. Pronojiwo, Kab.Lumajang. Kegiatan itu berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 23 s/d 24 Agustus 2022. Kegiatan tersebut kolaborasi antara BBTNBTS dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya sebagai pemateri

 

Herpetofauna merupakan ilmu yang mempelajari amfibi dan reptile secara bersamaan yang berada pada lokasi tertentu. Amfibi dan reptil dikelompokkan seolah-olah berkerabat secara tradisional padahal keduanya secara evolusi tidak berkerabat dekat dan berbeda jauh secara morfologi. Namun demikian, banyak aspek kehidupan dan biologi amfibi dan reptil yang saling melengkapi dan memungkinkan ahli zoologi untuk mempelajarinya bersama-sama menggunakan teknik yang serupa, dikarenakan kesamaan biologis antara amfibi dan reptil, kemiripan metode pengambilan data di lapangan, analisis laboratorium, serta untuk mempermudah dalam pengelolaan di museum koleksi.

Idealnya pengamatan herpetofauna dilakukan pada malam hari dengan lama pengamatan antara 4 – 6 jam, dengan interval waktu mulai jam 18.00 s/d 22.00 dengan panjang lintasan 1 KM, 1 tim sebanyak 4 – 5 orang.

Materi pelatihan herpetofauna yang diberikan terkait dengan sejarah herpetofauna; pengenalan jenis-jenis herpetofauna; konservasi herpetofauna; teknik dasar dan survey herpetofauna; teknik fotografi herpetofauna; koleksi preservasi dan kataloging herpetofauna.

Pengamatan herpetofauna dapat dilakukan dengan berbagai metode penangkapan diantaranya : 1. Tangkapan tangan (amfibi dan reptil) 2. Ketapel (Agamidae & Gekkonidae) 3. Jerat (biawak dan buaya) 4. Penjepit (ular)

Data dan informasi herpetofauna di Jawa Timur masih terbatas, semoga dengan adanya pelatihan herpetofauna ini dapat mendorong petugas TNBTS dan volunteer untuk melakukan monitoring herpetofauna untuk mendukung adanya keberlanjutan upaya konservasi herpetofauna di Indonesia. (Maya/PEH)