• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › MONITORING POPULASI TUMBUHAN ENDEMIK SAVANA di BROMO

MONITORING POPULASI TUMBUHAN ENDEMIK SAVANA di BROMO

Cemoro Lawang (27/7/22) Fungsional TN BTS melakukan kegiatan monitoring Styphelia javanica (De Vries) J.J.S.  di Kawasan TN Bromo Tengger Semeru yang tersebar di 5 lokasi, kegiatan dilaksanakan selama 5 lima hari mulai tanggal 20 s/d 24 Juli 2022.

Tumbuhan endemik Jawa Styphelia javanica (De Vries) J.J.S. Biasanya orang Tengger menyebutnya dengan Suket Melelo yang khas terdapat di beberapa blok savana TNBTS merupakan tumbuhan perdu kecil yang tumbuh di tempat-tempat marjinal sebagai tumbuhan pioner.  Di Jawa hanya ditemukan di Gunung Arjuno, Penanggungan, Kawi, Tengger Semeru dan Iyang (Steenis, 2006).  Termasuk ke dalam kelompok suku Epacridaceae, jenis ini memiliki wilayah penyebaran yang terbatas dan spesifik. Kebanyakan hanya dijumpai pada daerah dataran tinggi dan perbukitan dengan kondisi tanah padas berbatu.

Pelaksanaan kegiatan menggunakan jalur dengan kombinasi petak (jalur berpetak).  Penempatan jalur menggunakan metode Stratified Random Sampling dengan kategori/stratifikasi berdasarkan  populasi/koloni Styphelia Javanica sesuai dengan data awal yang diperoleh dari laporan inventarisasi tumbuhan endemik savana Styphelia Javanica di Komplek Savana Kaldera Tengger TNBTS yang telah dilakukan pada tahun 2011. ( Siti Maya,A,Md/PEH BB TNBTS)