• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Identifikasi Ranupani bersama Tim Komisi Konservasi Dewan Sumber Daya Air

Identifikasi Ranupani bersama Tim Komisi Konservasi Dewan Sumber Daya Air

Tim Komisi Konservasi Dewan Sumber Daya Air - Jawa Timur, didampingi oleh Petugas TN Bromo Tengger Semeru sedang meninjau Danau Ranu Pani dan Ranu Regulo, Resort PTN Wilayah Ranupani,18 Desember 2019.

Adapun tujuan kegiatan meninjau lokasi tersebut untuk mengidentifikasi permasalahan yang terdapat di Ranu Pani. Permasalahan yang dihadapi saat ini yaitu sedimentasi dan pendangkalan danau. Sedangkan di Ranu Regulo tidak dijumpai permasalahan tersebut

Setelah meninjau lokasi tersebut, tim Komisi Konservasi Dewan Sumber Daya Air akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait yaitu TNBTS, Pemda Lumajang dan Pemprov Jatim. Koordinasi terkait tentang permasalahan normalisasi danau Ranu Pani. 

Normalisasi direncanakannya akan dilakukan pengkerukan danau dengan menggunakan alat berat (excavator).Tanah hasil pengkerukan akan dijadikan tanggul keliling di sekitar danau Ranu Pani dan di atas tanggul akan dijadikan wisata jalan keliling danau.

Diharapkan dengan adanya normalisasi tersebut, Danau Ranu Pani dapat segera pulih kembali fungsinya sebagai penyangga konservasi tanah dan air serta ekosistemnya tetap lestari. (Trianingtyas S, S. Hut/Penyuluh TN BTS).