• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Giat Penanaman Upaya Pelestarian Sumber Daya Air di Kawasan TNBTS

Giat Penanaman Upaya Pelestarian Sumber Daya Air di Kawasan TNBTS

Patok Picis (16/12/22). Petugas TNBTS bersama Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Kab.Malang, Kepala Desa Bambang dan Pokdarwis Alam Asri melakukan penanaman di blok Kopirejo, RPTN Patok Picis, Desa Bambang, Kec.Wajak,Kab. Malang, pada hari Jum’at tanggal 16 Desember 2022. Jenis bibit yang ditanam adalah bambu wuluh dan betung sebanyak 500 batang.

Penanaman dilakukan untuk meningkatkan konservasi sumber daya air yang berkelanjutan guna memenuhi berbagai kebutuhan dan mengurangi resiko daya rusak air.

Bambu memiliki banyak manfaat, salahsatu fungsinya yaitu dapat mejaga sistem hidrologis air dan tanah. Tanaman bambu yang hidup berumpun rapat dapat mengikat tanah dengan baik sehingga dapat menahan terjadinya erosi yang menyebabkan longsor. Selain itu,bambu dapat menahan permukaan tanah dari aliran atau percikan air.

Tanaman bambu memiliki sistem perakaran serabut dengan akar rimpang yang sangat kuat, dengan karakteristik   perakaran   seperti   itu, memungkinkan tanaman ini menjaga sistem hidrologis yang menjaga ekosistem    tanah  dan  air, sehingga  dapat  dipergunakan  sebagai tanaman konservasi.

Untuk mejaga kelestarian sumberdaya air yang berkelanjutan, mari kita menghemat air dengan pemakaian yang efisien dan efektif. Budayakan menanam pohon untuk menjaga kelestarian sumber daya air. (Siti Maya/PEH)