• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Bincang Santai Pengembangan Wisata Semeru di Desa Tamansatriyan

Bincang Santai Pengembangan Wisata Semeru di Desa Tamansatriyan

Taman Satriyan (6 April 2021). Petugas TNBTS bersama Muspika Tirtoyudo melakukan kegiatan Penyuluhan Pengembangan Wisata Konservasi kepada Kelompok Tani Hutan binaan TNBTS di Blok Jurang Dengke,RPTN Tamansatriyan, SPTN II Tumpang. Kelompok tani hutan tersebut adalah Kelompok Tani Hutan Wana Tani. Selain itu Karang Taruna Satriya yang merupakan karang taruna Desa Tamansatriyan turut serta dalam kegiatan tersebut.

Tatag Hari Rudhata,S.H selaku Kepala Seksi PTN Wil.II menyampaikan "Sejak tahun 2018 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membuat program kemitraan konservasi yang bertujuan untuk mendorong peran serta masyarakat dalam pengelolaan kawasan konservasi agar dapat terwujud interaksi yang harmonis antara masyarakat dengan kawasan konservasi.

Saat ini wisatawan mileneal  lebih menyukai wisata alam terbuka yang memiliki keunikan atau kekhasan tetapi dengan kemudahan akses masuk dan fasilitas tersedia . Desa Tamansatriyan mempunyai potensi-potensi yang dapat dikembangkan, potensi-potensi tersebut dapat digali dan dikemas sedemikian rupa sehingga menarik banyak pengunjung untuk datang ke tempat itu. Potensi unggulan Desa Tamansatriyan yang ada dan dapat dikembangkan antara lain : kesemek, kopi, madu, susu kambing, dan tanaman hias, tambahnya demikian.

Harapan dengan adanya pengembangan wisata ini dapat   mengembangkan daya guna masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kerukunan masyarakat, serta hutan tetap lestari. (siti maya/PEH)