• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › TN Bromo Tengger Semeru Kumpulkan Koleksi Untuk Perkaya Jenis Taman Anggrek

TN Bromo Tengger Semeru Kumpulkan Koleksi Untuk Perkaya Jenis Taman Anggrek

Malang (16/4/18). Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru (TNBTS) adakan kegiatan pengkayaan jenis anggrek native (asli) TNBTS untuk pengkayaan Taman Anggrek yang berada di Resort PTN Ranu Darungan Seksi PTN Wilayah IV, Bidang PTN Wilayah II. Dusun Darungan, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 20 s.d 24 Maret 2018 dan dilanjutkan dengan kegiatan pemeliharaan sampai dengan bulan Desember.

Berdasarkan penuturan Joko Priyono, S.P. yang merupakan Kepala Seksi PTN Wil. IV TNBTS « jenis-jenis anggrek yang berhasil dikumpulkan sebanyak 68 jenis dari berbagai genus, untuk area Taman Anggrek sendiri teridentifikasi 53 jenis anggrek »

« sehingga total jenis anggrek yang terdapat di Taman anggrek saat ini adalah sebanyak 124 jenis yang terdiri dari 53 genus » ujarnya 

Taman Anggrek TNBS sendiri mempunyai luasan 3.600 m2 yang dibangun pada tahun 2017. Hingga tahun 2017 telah teridentifikasi 129 jenis anggrek dan ini menjadi daya tarik bagi pemburu anggrek-anggrek spesies untuk dijual kepada para kolektor dan pehobi anggrek.  Dari 129 jenis tersebut terdapat 3 (tiga) jenis yang berstatus dilindungi undang-undang (PP No. 7 Tahun 1999), yaitu anggrek jamrud (Dendrobium macrophyllum A.Richard), anggrek koribas (Corybas fornicatus (Bl.) Rchb.f.) dan anggrek ki aksara (Macodes petola (Bl.) Lindl.).

Tujuan dari pembangunan Taman Anggrek itu sendiri adalah sebagai tempat khusus pengawetan jenis-jenis anggrek TNBTS, tempat penelitian anggrek yang representatif dan lengkap sebagai upaya meningkatkan wisata minat khusus, sumber benih dan bibit untuk peningkatan populasi anggrek di habitatnya (TNBTS), serta tempat belajar budidaya anggrek bagi masyarakat sekitar kawasan untuk mendorong penangkaran ek-situ jenis-jenis anggrek native TNBTS.

Sumber : BBTN Bromo Tengger Semeru