• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › TN Bromo Gelar Konservasi Budaya Tengger Di Pasir Berbisik

TN Bromo Gelar Konservasi Budaya Tengger Di Pasir Berbisik

Cemoro Lawang (6/10/20). Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) , Sabtu 3 Oktober 2020, berkolaborasi dengan seniman Tengger mengadakan Gelar Konservasi Budaya Tengger yang berkonsep tentang keselarasan seni budaya dan konservasi di Pasir Berbisik Gunung Bromo.

yang di buka langsung oleh Kepala BBTNBTS "John Kenedie" serta diiringi dengan pembacaan puisi oleh Dirjen KSDAE "Wiratno" dengan judul 'Hong Ulun Puisi Semesta'. Tembang Nyanyian Bumi oleh Pritta Kartika menjadi rangkaian awal dari pagelaran  disusul dengan tarian Topeng Gunungsari Tengger, Nyawiji, dan Tembang Alam. Diakhir acara Dirjen KSDAE, Kepala BBTNBTS dan budayawan Heri Lentho mengadakan talkshow sinergi konservasi dan budaya. Pagelaran diakhiri dengan sujud bumi oleh hadirin yang dipimpin oleh Dirjen KSDAE diiringi lagu 'Berkibarlah Benderaku'.

Pagelaran budaya Tengger merupakan wujud jalan merawat keberduaan dan cinta antara manusia dan Tuhan, manusia dengan leluhur, manusia dengan alam, dan manusian dengan makhluk lain.