• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Upacara Adat Tengger Mengawali Pembukaan Jalur Pendakian Gunung Semeru 2019

Upacara Adat Tengger Mengawali Pembukaan Jalur Pendakian Gunung Semeru 2019

 Pembukaan pendakian dilaksanakan di Resort Wilayah Ranupani pada tanggal 12 Mei 2019. Pembukaan dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Wilayah II BBTNBTS dan dihadiri 

Kepala Seksi Wil.III, Kepala Resort Wil Ranupani, BPBD Lumajang, PVMBG Gunung Sawur, Pemangku adat Tengger Ranu Pani, Kepala desa dan Perangkat Desa ranupani, Sahabat Volunteer semeru (Saver), Tumpang Camp Adventure (TCA), Tim Evakuasi slSemeru, Porter Ranupani serta seluruh staf Resort Wilayah Ranupani.

Acara dimulai dengan doa bersama dipimpin oleh pemangku adat Desa Ranupani (Bambang Sujoko ) dan berlangsung dengan khidmat. Acara adat tersebut dilaksanakan agar pendakian Semeru selalu mendapat perlindungan Tuhan Yang Maha Esa berupa  keselamatan dijauhkan dari marabahaya dan bermanfaat bagi  kesejahteraan masyarakat Ranu Pani. 

Acara dilanjutkan dengan arahan sambutan dan kata pembukaan oleh Kepala Bidang Wilayah II BBTNBTS, Ir. Gendreh Marawayan yang menandai dibukanya kembali pendakian semeru setelah di tutup dari 3 januari 2019. Dalam kesempatan sambutan dan arahan Kabidwil 2 Lumajang  mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga kawasan sekitar Gunung  Semeru agar tetap , selalu siaga dan menjunjung tinggi semangat untuk Zero Waste and Zero Accident. Kabidwil 2 Lumajang juga mengajak Kepada calon pendaki agar selalu mentaati semua peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak TNBTS. Tak lupa pula agar mempersiapkan fisik, mental, serta membawa peralatan dan perlengkapan yang memadai.

Meski diminati oleh  25 pendaki ( nusantara sejumlah 11 orang dan 14 orang mancanegara), Pembukaan Pendakian Semeru 2019 ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh peminat pendakian Semeru. Pendaki sejati selalu jaga ekosistem TNBTS tetap lestari.