• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Pioner Generasi Muda Konservasi TNBTS

Pioner Generasi Muda Konservasi TNBTS

Oleh : Siti Maya

Malang, 10 Mei 2018. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru meyelenggarakan pembinanaan konservasi untuk generasi muda. Pembinaan generasi muda konservasi ini diikuti oleh pemuda/pemudi dari 2 (dua) Saka (Satuan Karya Pramuka) yaitu Saka Bhayangkara dan Saka Wira Kartika, Wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kegiatan tersebut diikuti ± 100 (seratus) orang, kegiatan pembinaan dilaksanakan di Pohon Cinta Savana Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Kegiatan pembinaan generasi muda ini diawali dengan sambutan dari Kepala Bidang PTN Wilayah I Pasuruan (Murdiyono, S.H), dalam sambutannya beliau menghimbau kepada generasi muda untuk mengajak mulai dari keluarga, saudara, teman, maupun di lingkungannya untuk peduli terhadap lingkungan sekitar dan menyampaikan pesan konservasi.
Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terutama yang terkait dengan 3 prinsip konservasi yaitu Pengawetan, Perlindungan dan Pemanfaatan. Pengenalan Konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini disampaikan oleh Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) TNBTS yaitu Siti Maya dan Koestriadi Nugra P.
Selain pengenalan TNBTS, disampaikan juga pengenalan peralatan pemadaman kebakaran hutan yang disampaikan oleh Kepala Seksi PTN Wil. II Tumpang (Tatag Hari Rudhata, S.H) dan Kepala Resort PTN Coban Trisula (Bambang Rudianto) dan kemudian mempraktekkan peralatan pemadaman kebakaran. Acara diakhiri dengan aksi bersih sampah yang ditinggalkan oleh pengunjung di lokasi tersebut.
Diharapakan dengan adanya pembinaan konservasi ini, generasi muda dapat menjadi pioner dalam menyampaikan pesan-pesan konservasi kepada masyarakat terutama kepada keluarga terdekat dan lingkungannya. Generasi muda merupakan ujung tombak perubahan untuk pembangunan masa depan.