• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Liburan Hari Raya Idul Fitri 2019, TN BTS dikunjungi 35.164 orang wisatawan

Liburan Hari Raya Idul Fitri 2019, TN BTS dikunjungi 35.164 orang wisatawan

TNBTS merupakan salah satu destinasi pariwisata di Indonesia yang diminati oleh masyarakat seluruh penjuru nusantara maupun mancanegara. Sehingga ketika ada moment liburan atau long week end, tentunya kawasan TNBTS dipadati oleh wisatawan, apalagi saat ini liburan Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 bersamaan dengan liburan anak sekolah,sudah jelas ramainya seperti apa.

Tatag Hari Rudhata, S.H selaku Kepala SPTN Wil.II mengungkapkan “ Dalam rangka mengantisipasi kepadatan pengunjung di TN BTS, kami selaku pengelola TN BTS telah menyiapkan sejumlah personil untuk pengamanan pengunjung guna memberikan pelayanan kenyamanan dan keamanan  terhadap pengunjung wisata TN BTS. Selain personil TNBTS, pelayanan dan pengamanan pengunjung dibantu oleh personil Polri, TNI, relawan dan mitra setempat, serta dukungan tenaga medis dari Puskesmas terdekat”. 

Pengamanan pengunjung Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 ini dilakukan di 4 (empat) pintu masuk TNBTS yang tersebar di 4 Kabupaten diantaranya pintu masuk Coban Trisula (Kab.Malang), pintu masuk Cemorolawang (Kab.Probolinggo), pintu masuk Wonokitri (Kab.Pasuruan) dan pintu masuk Ranupani (Kab.Lumajang). Pengamanan pengunjung efektif mulai dilaksanakan tanggal 3 Juni – 9 Juni 2019.

Kawasan wisata Bromo dipadati pengunjung pada hari H+3 setelah lebaran sebanyak 8.004 orang, pada hari H nya saja dipadati sampai 2.234 orang pengunjung. Selama liburan hari Raya Idul Fitri 2019, TNBTS dikunjungi oleh wisatawan sebanyak 35.164 orang yang terdiri dari wisatawan nusantara 34.845 orang dan wisatawan mancanegara 319 orang, dengan penghasilan PNBP (Penghasilan Negara Bukan Pajak) sebesar Rp. 1.425.089.000,-. Karena suasana liburan sekolah masih menyelimuti sehingga kawasan TN BTS sampai saat ini masih terus dipadati oleh pengunjung dan kemungkinan perolehan PNBP akan meningkat terus.