• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Kelompok Tani Hulun Hyang TN Bromo Tengger Semeru Kerja Bakti Pembibitan Edelweiss

Kelompok Tani Hulun Hyang TN Bromo Tengger Semeru Kerja Bakti Pembibitan Edelweiss

Wonokitri (16/7/18). Kelompok Tani Desa Edelweis Wonokitri “Hulun Hyang” kerjabakti membersihkan dan melakukan pembibitan di lahan milik Desa Wonokitri, Sabtu 14 Juli 2018. Anggota kelompok yang sebagian besar muda-mudi Desa Wonokitri penuh semangat mencangkul dan menyiangi lahan Desa sebagai tempat pembibitan, juga sebagai tempat lokasi penanaman edelweiss  hasil budidaya kelompok. Hamparan edelweiss tersebut direncanakan dijadikan destinasi wisata baru baik wisata selfie, wisata budidaya dan wisata pendidikan. Desa Wonokitri merupakan salah satu Desa Penyangga di sekitar kawasan TN Bromo Tengger Semeru (TNBTS)

“Teguh” selaku ketua kelompok Desa Edelweis “Hulun Hyang” menyebutkan ‘ sekitar 6000 bibit hasil pembibitan dari biji dan cabutan edeweis dipersiapkan kelompok, diharapkan lokasi ini akan tumbuh dan menjadi hamparan edelweiss, sehingga selain dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan dalam upacara adat juga dijadikan destinasi wisata selain G. Bromo”. 

“Sukaris” salah satu anggota Resort PTN Penanjakan menjelaskan “ dari TNBTS sedikit memberi bantuan untuk pembelian bahan dan peralatan pembibitan, dan oleh kelompok sudah dibelanjakan untuk mencukupi kebutuhan seperti polybag,  bambu, cangkul, paranet dan peralatan pembibitan lainnya”.

“ Kelompok tani Desa Edelweis ‘Hulun Hyang’ memang sangat antusias dan aktif dalam mewujudkan wisata Desa Edelweis, bulan kemarin sudah berkunjung dari Bappeda Kab. Pasuruan untuk melakukan pengecekan ke Desa wonokitri untuk melihat langsung proges Desa Edelweis yang dibina oleh TNBTS. Bappeda sangat mendukung dalam mewujudkan wisata Desa Edelweis, dan masuk dalam program wisata Kab. Pasuruan”. Kababes TNBTS “John Kenedie” menambahkan.