Senin, 10 April 2017 - 11:15:24 WIB
PEMBERANTASAN IAS DI SAVANA BROMO
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Artikel - Dibaca: 668 kali

PEMBERANTASAN IAS DI SAVANA BROMO

Oleh : Siti Maya

PEH Pelaksana Lanjutan

 

Dunia kehutanan saat ini sedang mengalami berbagai ancaman, salahsatu ancamannya adalah adanya keberadaan Invasife Aliens Species (IAS). IAS ini merupakan sejenis tumbuhan yang hidup bukan pada habitat aslinya, bila keberadan IAS ini tidak segera ditanggulangi dapat merusak keseimbangan ekosistem sehingga dapat terjadi degradasi dan hilangnya suatu habitat.

Taman Nasional merupakan kawasan konservasi yang harus dijaga keutuhan dan kelestarian keanekaragaman hayatinya, dan saat ini IAS sudah mewabah di Taman Nasional. Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terdapat IAS diantaranya Verbena brasiliensis vell, akasia (Acacia decurens), adas (Foeniculum vulgare), dan kiambang (Salvinia molesta). Sebelum jenis-jenis IAS tersebut menyebar dan mewabah lebih luas perlu dilakukan pemberantasan.

Prioritas pemberantasaan saat ini ditujukan kepada jenis tanaman Verbena brasiliensis vell yang terdapat di Savana Bromo, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 27 Maret 2017.

Kegiatan pemberantasan IAS ini diikuti oleh seluruh petugas Lingkup Bidang PTN Wil. I Pasuruan, Sahabat Bromo, Bromo Lovers, IPASA, Pelajar SMK Kehutanan Kadipaten, dan Mahasiswa IPB, jumlah peserta 50 orang.

Sebelum kegiatan pemberantasan ini dilaksanakan, kepala Bidang PTN Wil. I Pasuruan meberikan kata sambutan, dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada mitra TNBTS atas partisipasinya dalam kegiatan ini, dan menyampaikan sekilas tentang keberadaan IAS di TNBTS.

Setelah itu, kegitan dilanjutkan dengan pemberian arahan pelaksanaan teknis penanganan IAS oleh Tim Fungsional PEH dan Penyuluh TNBTS.


Berita lainnya :
0 Komentar :

MULTIBAHASA


PARTNERSHIP


AGENDA KEGIATAN

28 Juli 2017
Pembersihan Salvinia Molesta di Ranupani
24 Juli 2017
WORKSHOP PENILAIAN MANDIRI METT
09 Juli 2017
YADNYA KASADA 2017
07 Juli 2017
EKSOTIKA BROMO 2017
16 Maret 2017
APEL PERINGATAN HARI BAKTI RIMBAWAN KE-34

KATEGORI

Artikel (26)
Berita (55)

STATISTIK

Total Hits

2042540

Pengunjung hari ini : 515
Total pengunjung : 439060

Hits hari ini : 1917
Pengunjung Online: 5


SOROT

Prosedur/aturan terkait booking online yang harus diketahui dan dipedomani oleh seluruh calon pendaki yaitu :
1 . ia (5)
2 . ia (1)
3 . naskah (253)

[ Teks © by TNBT ]