Sabtu, 08 April 2017 - 17:12:28 WIB
LONGSOR MELANDA WEDI IRENG
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 31 kali

LONGSOR MELANDA WEDI IRENG

Oleh : Siti Maya

PEH Pelaksana Lanjutan

 

Curah hujan yang tinggi mengguyur kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan sekitarnya, sehingga beberapa titik di kawasan TNBTS rawan longsor. Seperti halnya jalur Wedi Ireng, jalur ini merupakan jalur berbukit, terjal dan curam. Dengan adanya guyuran curah hujan yang tinggi menyebabkan beberapa titik di jalur Wedi Ireng di hantam  longsor. Hantaman tanah longsor ini bukan hanya sekali saja terjadi, hampir tiap hujan melanda pasti terjadi longsor dan pohon roboh.

Selain itu, hantaman longsor ini  menutup ruas jalan menuju ke Bromo sempat terhenti karena badan jalan terhalang oleh material longsor. Petugas TNBTS dan warga masyarakat sekitar dengan segera bergotong royong membersihkan timbunan material tanah agar jalan tersebut dapat dilalui kembali oleh kendaraan. warga maupun pengunjung yang melintas dijalur tersebut harus lebih berhati-hati karena jalan menjadi licin akibat sisa-sisa material tanah longsor.

Adapun hantaman longsor yang begitu kuat, mengakibatkan pohon tumbang dan membawa luncuran material tanah longsor yang melimpah sehingga petugas ataupun masyarakat sekitar tidak dapat menumpas material timbunan tanah longsor tesebut secara manual.  Akhirnya Kepala SPTN Wil. II Tumpang (Tatag Hari Rudhata, S.H) berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Malang untuk mendatangkan alat berat, dengan bantuan alat berat ini material timbunan tanah longsor dapat diatasi dengan cepat, sehingga jalur tersebut dapat dilalui kembali oleh kendaraan.

 Untuk pohon roboh yang menghalangi ruas jalan, petugas dan warga sekitar bergotong royong memotong batang kayu yang panjang menggunakan chain saw dan menyingkirkan potongan-potongan kayu tersebut kebahu jalan.

Diharapkan kepada masyarakat dalam kawasan TNBTS dan sekitarnya, dengan adanya kejadian longsor untuk lebih peduli dengan tidak menebang pohon dikawasan hutan TNBTS dan perbanyak menanam pohon yang mempunyai perakaran kuat.

 Untuk itu marilah kita bersama- sama peduli terhadap lingkungan untuk mencegah bencana yang terjadi dikemudian hari, salam lestari. (My-Ya@)


Berita lainnya :
0 Komentar :

MULTIBAHASA


PARTNERSHIP


AGENDA KEGIATAN

15 September 2017
BROMO TENGGER SEMERU BIRDWATCHING COMPETITION
28 Juli 2017
Pembersihan Salvinia Molesta di Ranupani
24 Juli 2017
WORKSHOP PENILAIAN MANDIRI METT
09 Juli 2017
YADNYA KASADA 2017
07 Juli 2017
EKSOTIKA BROMO 2017

KATEGORI

Artikel (28)
Berita (57)

STATISTIK

Total Hits

2204269

Pengunjung hari ini : 224
Total pengunjung : 467751

Hits hari ini : 561
Pengunjung Online: 6


SOROT

Prosedur/aturan terkait booking online yang harus diketahui dan dipedomani oleh seluruh calon pendaki yaitu :
1 . Admin ganteng (0)

[ Teks © by TNBT ]