Kamis, 16 Maret 2017 - 15:07:59 WIB
MENGAJAK ANAK MENANAM SEJAK DINI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Artikel - Dibaca: 146 kali

MENGAJAK ANAK MENANAM SEJAK DINI

Oleh : Siti Maya

PEH Pelaksana Lanjutan

 

Di sabtu pagi yang cerah dan hawa udara yang sejuk terlihat anak-anak SDN Ngadas sedang berjalan beriringan dipinggir jalan mencari lubang tanam untuk menanam bibit pohon. Kegiatan aksi menanam ini merupakan program dari SDN Ngadas Desa Ngadas Kec. Poncokusumo, Kab. Malang. Kegiatan aksi menanam ini adalah kegiatan rekreasi ke alam dengan konsep rekreasi sambil menanam.

SDN Ngadas yang berada di Desa Ngadas Kec. Poncokusumo, Kab. Malang ini merupakan salah satu desa yang berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Oleh karena itu,  Para Guru SDN Ngadas ingin memperkenalkan kepada siswa-siswi anak didiknya bahwa mereka hidup berdampingan dengan kawasan hutan, dengan hidup berdampingan mereka harus menjaga dan melestarikan kawasan hutan. Selain itu juga, ingin memberikan pendidikan pentingnya menanam pohon untuk perbaikan kualitas lingkungan hidup, pembelajaran bagi siswa-siswi Sekolah Dasar agar mereka gemar menanam, memelihara, serta mencintai alam dan lingkungan sekitarnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat menciptakan generasi anak muda/mudi yang cinta lingkungan, paham dan peduli terhadap konservasi serta termotivasi untuk melestarikan kawasan TNBTS dan alam sekitarnya untuk kehidupan masa yang akan datang.

Apabila seluruh komponen bangsa berpartisipasi aktif dalam melakukan pelestarian dan perlindungan hutan, maka berbagai ancaman terhadap keutuhan kawasan hutan dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Tujuan akhir dalam pengelolaan hutan adalah Hutan tetap lestari dan masyarakat sejahtera.

Kegiatan penanaman ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 21 Januari 2017,  diikuti oleh pelajar SDN Ngadas kelas 1 – 6 (105 orang), selain itu  diikuti juga oleh Mahasiswa PKL dari Universitas Brawijaya (24 orang) Malang,  Sekolah Tinggi Agama Budha Kertarajasa Batu (27 orang),  perangakat Desa Ngadas,  Petugas TN BTS,  Petugas JICS dan masyarakat setempat, diperkirakan yang mengikuti kegiatan ini sekitar 200 orang.

Bibit yang ditanam sebanyak 680 bibit Cemara Gunung,  bibit ini difasilitasi oleh  JICS. Bibit ditanam disepanjang jalan mulai dari perbatasan Desa sampai Resort Coban Trisula.

                Satu hal yang penting bahwa dengan memaksimalkan gerakan menanam pohon, berarti Kita mewariskan sesuatu yang berarti bagi anak cucu Kita. Sungguh warisan yang sangat berharga, lebih berharga lagi apabila mewariskan tradisi menanam pohon secara turun-temurun. Ayo ajak dan biasakan anak-anak kita untuk menanam pohon, salam lestari. (My-Y@)


Berita lainnya :
0 Komentar :

MULTIBAHASA


PARTNERSHIP


AGENDA KEGIATAN

16 Maret 2017
APEL PERINGATAN HARI BAKTI RIMBAWAN KE-34

KATEGORI

Artikel (23)
Berita (42)

STATISTIK

Total Hits

1960801

Pengunjung hari ini : 236
Total pengunjung : 416999

Hits hari ini : 2170
Pengunjung Online: 3


SOROT

Prosedur/aturan terkait booking online yang harus diketahui dan dipedomani oleh seluruh calon pendaki yaitu :

[ Teks © by TNBT ]