Selasa, 08 November 2016 - 19:50:04 WIB
PENGUKUHAN KEPALA BALAI BESAR TNBTS SEBAGAI SESEPUH WARGA TENGGER
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Artikel - Dibaca: 287 kali

PENGUKUHAN KEPALA BALAI BESAR TNBTS

SEBAGAI SESEPUH WARGA TENGGER

(Siti Maya, A.Md)

Dalam rangka memperingati hari Raya Yadnya Kasada yang merupakan upacara adat suku Tengger yang dilakukan setiap tahun sekali (penanggalan agama Hindu Tengger) yaitu ketika sudah memasuki bulan Kasada dan tepatnya pada hari ke 14 , tahun ini bertepatan pada tanggal 20 Juli 2016. Upacara Yadnya Kasada berupa pemberian sesajen untuk sesembahan  kepada Sang Hyang Widhi dan para leluhur suku Tengger     (Dewi Roro Anteng dan Joko Seger).

Sebelum acara Hari Raya Yadnya Kasada dimulai, pada malam hari di Balai Desa Ngadisari digelar pagelaran seni budaya tengger dan pengukuhan sesepuh kehormatan warga masyarakat tengger.

Dalam acara tersebut, sekaligus dilakukan acara pengukuhan terhadap empat orang sebagai sesepuh kehormatan masyarakat tengger, di antaranya yaitu Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Ir. John Kenedie, MM). Tiga orang lainnya yang mendapatkan kehormatan tersebut diantaranya Kapolres (AKBP Arman Asmara Syarifuddin); Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan (Suwarno), Komandan Kodim 0820 Probolinggo (Letkol Inf. Hendhy Yustian.   Pengukuhan dilakukan oleh Dukun Tengger Sutomo.

Diharapkan dengan adanya pengukuhan sesepuh warga masyarakat tengger ini, nantinya dapat membawa nama masyarakat  Tengger ke dunia luar. Tak terlupakan, ucapan terima kasih kepada masyarakat tengger atas kepercayaan dan kehormatannya kepada Kepala Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.


Berita lainnya :
0 Komentar :

MULTIBAHASA


PARTNERSHIP


AGENDA KEGIATAN

16 Maret 2017
APEL PERINGATAN HARI BAKTI RIMBAWAN KE-34

KATEGORI

Artikel (23)
Berita (39)

STATISTIK

Total Hits

1830071

Pengunjung hari ini : 354
Total pengunjung : 398429

Hits hari ini : 2298
Pengunjung Online: 13


SOROT

Prosedur/aturan terkait booking online yang harus diketahui dan dipedomani oleh seluruh calon pendaki yaitu :

[ Teks © by TNBT ]