Selasa, 08 November 2016 - 18:36:31 WIB
BINA CINTA ALAM
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 75 kali

Bina Cinta Alam Lingkup Pelajar SPTN Wilayah II, BBTNBTS Tahun 2016

Oleh: Ana Rositawati, A.Md (PEH Resort PTN Jabung)

Senin, 1 Agustus 2016, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru khususnya SPTN Wilayah II mengadakan kegiatan Bina Cinta Alam di Wana Wisata Air Wendit Kecamatan Pakis. Bina Cinta Alam ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang diadakan oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang. Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2016 di Wana Wisata Air Wendit ini di buka oleh Bupati Malang, Bapak Dr. H. Rendra Kresna. Dalam pembukaannya Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna berharap "Semoga kita bisa menjadi khalifah di muka bumi ini yang rahmatan lil alamin. Artinya kepedulian kita terhadap lingkungan ini tidak hanya untuk mahluk hidup saja bahkan mahluk yang tidak hidup pun perlu kita jaga kelestariannya. Ini merupakan suatu yang harus kita camkan bersama dalam momentum peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2016 ini”.

Tujuan kegiatan Bina Cinta Alam ini yaitu memupuk sejak dini rasa cinta kepada lingkungan dan alam bagi pelajar lingkup kawasan penyangga TNBTS. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 60 peserta siswa siswi SD yang berasal dari kawasan penyangga Seksi PTN Wilayah II, TNBTS. SD tersebut yaitu SDN Gubugklakah II (kawasan penyangga Resort PTN Coban Trisula), SDN Gading Kembar I (kawasan penyangga Resort PTN Jabung), dan SD Patokpicis (kawasan penyangga Resort PTN Patokpicis).

Pelaksanaan kegiatan Bina Cinta Alam ini melibatkan Kader Konservasi TNBTS Wilayah Jabung yaitu IPPASA (Ikatan Pemuda Pecinta Alam Abiyasa). Kegiatan pertama yaitu bernyanyi lagu “di sana senang di sini senang” yang diubah liriknya agar seluruh peserta lebih akrab. Kegiatan kedua yaitu pembuatan yel-yel bertema konservasi. Kegiatan ketiga yaitu cerita dan narasi cinta alam dan lingkungan hidup yang dirangkai dengan menggambar tema lingkungan di sekitar kita sebagai perwujudan ekspresi pelajar cinta alam. Sebagai bentuk penghargaan terhadap ekspresi pelajar cinta alam dan lingkungan, maka dipilihlah 8 gambar terbaik oleh Kepala Bidang PTN Wilayah I Ibu Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si untuk diberi hadiah kenang-kenangan. Kegiatan terakhir yaitu pengenalan flora dan fauna khas TNBTS melalui pameran foto di stan pameran BBTNBTS. Edukasi yang dikemas dengan permainan dan praktek membuat peserta antusias mengikuti materi yang diberikan. Peserta semakin senang ketika berkunjung ke stan pameran BBTNBTS mendapat kenang-kenangan stiker flora dan fauna khas TNBTS. Mari kita Bina Cinta Alam untuk Kehidupan yang

lebih baik. Go Wild for Life.

Dokumentasi

Permainan yang dipandu oleh IPASSA dan Menggambar, Ekspresi Pelajar Cinta Alam

 


Berita lainnya :
0 Komentar :

MULTIBAHASA


PARTNERSHIP


AGENDA KEGIATAN

15 September 2017
BROMO TENGGER SEMERU BIRDWATCHING COMPETITION
28 Juli 2017
Pembersihan Salvinia Molesta di Ranupani
24 Juli 2017
WORKSHOP PENILAIAN MANDIRI METT
09 Juli 2017
YADNYA KASADA 2017
07 Juli 2017
EKSOTIKA BROMO 2017

KATEGORI

Artikel (28)
Berita (57)

STATISTIK

Total Hits

2248130

Pengunjung hari ini : 31
Total pengunjung : 482853

Hits hari ini : 103
Pengunjung Online: 1


SOROT

Prosedur/aturan terkait booking online yang harus diketahui dan dipedomani oleh seluruh calon pendaki yaitu :
1 . Admin ganteng (0)

[ Teks © by TNBT ]