• Depan
  • › Kategori: Artikel
  • › Salvinia War Di TN Bromo Tengger Semeru Terus Berlanjut Sampai Bersih 100%

Salvinia War Di TN Bromo Tengger Semeru Terus Berlanjut Sampai Bersih 100%

Ranupani (15/518). Para volunter yang dikoordinir oleh Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan Gimbal Alas lakukan kegiatan bersih salvinia Danau Ranu Pani pada hari Minggu 13 Mei 2018. Kegiatan merupakan aksi kerja bersama membersihkan gulma jenis Salvinia molesta pengganggu Ranu Pani.


Peserta kegiatan berasal dari beberapa organisasi pemerhati lingkungan yang berasal dari beberapa daerah, kelompok masyarakat dari Desa Ranu Pani, kelompok tani Ranu Lingga Rekisi, Forum Sahabat Gunung, Probolinggo Jeep Community, dengan jumlah peserta kurang lebih 200 orang dan luas ranu yang berhasil dibersihkan 0,25 ha

‘John Kenedie’ Kababes TNBTS menjelaskan “ kondisi awal sebelum pembersihan kali ini, Ranu Pani sudah bersih kurang lebih 60% dari luas 4 Ha, melalui kegiatan pembersihan dengan biaya dari TNBTS dan kegiatan sukarela yang dilaksanakan sebelumnya”.


“Kegiatan sukarela bersih ranupani mencerminkan kepedulian masyarakat pada keberadaan ranu pani sebagai salah satu danau yang penting sebagai penyangga sistem kehidupan khususnya di sekitar G.Semeru” pungkas “John Kenedie” menambahkan.


Kegiatan pembersihan Ranu Pani akan dilaksanakan hingga 100% danau bersih dari gulma dengan anggaran TNBTS maupun kegiatan sukarela lainnya.


Sumber: BBTNBTS