• Depan
  • › Kategori: Artikel
  • › RAPAT PEMBAHASAN PROGRESS KEGIATAN PEMULIHAN EKOSISTEM DI TNBTS

RAPAT PEMBAHASAN PROGRESS KEGIATAN PEMULIHAN EKOSISTEM DI TNBTS

Kamis, 25 Januari 2018 telah dilaksanakan rapat pembahasan progress kegiatan pemulihan ekosistem bertempat di Aula Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS). Rapat tersebut dihadiri oleh Pejabat Eselon III dan IV, Kepala Resort PTN Wilayah Gunung Penanjakan, Tengger Laut Pasir, Coban Trisula, dan Ranupani, Field Manager JICS dan Pimpinan SUMITOMO/KTI. Pemulihan ekosistem bertujuan untuk mengembalikan sepenuhnya integritas ekosistem sehingga kembali ke tingkat/kondisi aslinya, dan kepada kondisi masa depan tertentu sesuai dengan tujuan pengelolaan kawasan. Hasil rapat pembahasan progress pemulihan ekosistem adalah sebagai berikut:
1.    Kegiatan pemulihan ekosistem yang dilakukan oleh JICS telah selesai melakukan penanaman seluas 111 Ha dengan persen tumbuh rata-rata 84%, untuk tahun 2018-2019 kegiatan fokus pada pemeliharaan tanaman.
2.    Kegiatan pemulihan ekosistem kerjasama dengan SUMITOMO/KTI telah selesai penanaman tahun 2017 seluas 80,53 Ha, untuk tahun 2018/2019 fokus pada pemeliharaan serta perlindungan dan pengamanan, hasil monitoring tanaman masih dalam progress penghitungan dan akan disampaikan akhir Januari.
3.    Kegiatan pemulihan ekosistem sumber dana DIPA 2017 BBTNBTS sudah selesai dilaksanakan seluas 100 Ha, penyulaman direncanakan untuk dilakukan pada akhir bulan Januari.
4.    Dalam rangka konservasi keanekaragaman hayati (kehati) direncanakan akan dilaksanakan aksi konservasi Pinang Jawa pada awal bulan Februari dengan melakukan penanaman bibit Pinang Jawa pada resort – resort lingkup BBTNBTS yang sesuai sebagai tempat tumbuh Pinang Jawa, bibit tersebut sebelumnya telah disemaikan di RPTN Darungan.
Guna mengembalikan fungsi TNBTS dalam menjaga keseimbangan ekosistem, maka upaya pemulihan ekosistem hutan perlu dilakukan di beberapa lokasi yang telah teridentifikasi sebagai “daerah terdegradasi”.